Penyebab ketiak dan daerah lipatan mudah menghitam.

1. Beberapa deodoran dan antiperspirant
Beberapa orang mengemukakan bahwa terdapat deodoran dan antiperspirant yang menyebabkan menghitamnya kulit ketiak. Faktanya, ketika mereka berhenti menggunakan deodoran tersebut, terjadi perubahan warna pada ketiak mereka. Meskipun hal tersebut jarang terjadi, namun ada kemungkinan terdapat beberapa komposisi yang menyebabkan menghitamnya kulit ketiak.
2. Acanthonis nigricans
Ini adalah suatu kondisi kesehatan yang dapat membuat hitam kulit ketiak, selangkangan, leher, siku, lutut, buku jari, ataupun pada lipatan kulit. Acanthonis nigricans dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun kondisi ini kebanyakan terjadi pada orang yang berkulit gelap dan memiliki obesitas. Hal tersebut berkaitan dengan gangguan produksi insulin dan kelenjar yang mempengaruhi penderita pra-diabetes, diabetes, ataupun mereka yang memiliki kemungkinan diabetes.
3. Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi bisa membuat perubahan warna pada ketiak, pangkal paha, selangkangan, dan area leher menghitam. Hal tersebut terjadi ketika kulit Anda memproduksi melanin, meski biasanya cukup jarang mempengaruhi ketiak.
4. Infeksi bakteri
Erythrasma, infeksi bakteri yang disebabkan oleh corynebacterium minutissimum, menyebabkan adanya bercak coklat kemerahan yang sedikit besisik dengan batas yang tegas. Bercak tersebut terasa agak gatal dan umumnya muncul saat cuaca hangat. Anda akan memiliki kemungkinan lebih besar menderita infeksi ini jika memiliki berat berlebih atau diabetes.
5. Masa kehamilan
Beberapa wanita mengalami ketiak menghitam ketika hamil. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang dapat meningkatkan produksi melanin, khususnya estrogen yang meningkatkan produksi melanosit, sel yang memproduksi melanin. Ketiak menghitam pada masa kehamilan merupakan masalah musiman yang tidak hanya menyebabkan warna kulit tidak merata, tetapi juga menghitamnya ketiak, hidung, dan bibir atas.
6. Pakaian ketat, banyaknya sentuhan dan gesekan
Ketika ketiak menggesek sesuatu, hyperkeratosis atau kulit menebal mungkin terjadi sebagai sarana pencegahan tubuh terhadap iritasi gesekan yaitu hiperpigmentasi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Antara Jerawat dan Gula

JENIS – JENIS FLEK HITAM PADA WAJAH

Kondisi Kulit yang Kita Anggap Jerawat ... Padahal Bukan !!!