Sunburn Bikin Kulit Jadi Gosong



Siapa yg habis liburan panjang nih? Ke pantai, ke gunung, berenang atau habis mudik ke kampung halaman? Lalu anda yg sedang perawatan baik di DRW skin atau klinik kecantikan lain merasa kulit agak kusam / hitam. Kenapa bisa begitu ya?
Kulit terbakar matahari / sunburn itu wajar terjadi terutama di negara tropis seperti Indonesia yg sepanjang tahun dilewati intensitas matahari yg sangat tinggi.
Sinar matahari atau sinar ultraviolet dapat berpengaruh buruk pada kulit. Kanker kulit misalnya, dapat ditimbulkan oleh paparan sinar ini.
Ketika kulit terpapar sinar matahari atau ultraviolet, terjadi peningkatan produksi pigmen MELANIN pada kulit. Selain itu transfer melanosom dari melanosit dari lapisan dalam epidermis menuju lapisan kulit bagian atas dipercepat. Akibatnya warna kulit akan terlihat lebih gelap atau hitam.
Peningkatan produksi pigmen kulit ini sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap paparan sinar matahari/ultraviolet. Sebab sinar tersebut dapat menyebabkan kerusakan DNA yang menyebabkan kanker.
Apakah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dapat dicegah atau dipulihkan? Untuk pencegahan, untuk perubahan kulit akibat matahari dapat dicegah dengan menggunakan perawatan kulit yang lembut secara berkala dan tentunya butuh waktu hingga kulit dapat kembali semula.
Perubahan warna kulit akibat radiasi sinar matahari/ultraviolet dapat dicegah salah satunya dengan menggunakan tabi surya. Penggunaan tabi surya akan mengurangi efek sinar matahari sehingga secara perlahan, seiring dengan regenerasi kulit, warna kulit akan menjadi lebih cerah.
Namun tabir surya saja ternyata tdk cukup membantu di kondisi curah sinar matahari yg begitu menyengat saat ini. Oleh karena itu jika anda berlama-lama di bawah terik matahari jangan gengsi utk memakai payung, masker wajah, kaca hitam, sarung tangan saat naik motor dan baju tertutup utk perlimdungam dari mataharo supaya tidak gosong dan kusam kulitnya.
Semoga sedikit penjelasan dari saya ini bisa sedikit demi sedikit memberikan pemahaman bagi tmn2 bahwa perawatan kulit bukan hanya dgn pemakaian produk saja tp jg hrs ada upaya pencegahan supaya hasil maksimal.
Salam sehat dan cantik ala DRW Skincare

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Antara Jerawat dan Gula

JENIS – JENIS FLEK HITAM PADA WAJAH

Kondisi Kulit yang Kita Anggap Jerawat ... Padahal Bukan !!!